Friday, March 30, 2012

Rahasia dibalik Tisu Galon

Ketika membeli air mineral dalam kemasan galon biasanya akan mendapatkan tisu basah, Kenapa tisu itu harus di lapkan ke mulut galon sebelum di masukan ke dispenser?
Sekilas info dari Deddy Muchtadi dari Institut Pertanian Bogor, dalam acara Pocari Sweat Conference 2012 Mengenai 'Edukasi Masyarakat Mengenai Pentingnya Cairan danIon untuk Menjaga Kesehatan Sehari-hari' di Hotel Le Meridian, jakarta mengatakan "Tisu yang diberikan ketika mengisi galon mengandung alkohol yang bisa di gunakan untuk membunuh baktery. Yang di lap itu sebaiknya mulutnya, karna bagian itu yang masuk kedalam dispenser, bukan badannya yang diberikan alkohol".

Deddy menuturkan jika membeli galon, sebaiknya jangan di buang, melainkan menggunakannya untuk mengelap mulut galon sehingga dapat membunuh baktery yang ada disitu.
Beliau menyarankan jika membeli air mineral dalm kemasan botol, jika sudah dibuka sebaiknya disimpan di lemari es atau langsung dihabiskan, termasuk minuman air putih. Hal ini meskipun botol sudah disertilisasi atau dipasteurisasi, ia beresiko trkontaminasi jika sudah kontak dengan udara.

Jika air yang dikonsumsi mengandung baktery seperti e-coli dapat mengakibatkan diare, terutama pada bayi. Resiko bayi terkena diare adalah 3 kali lebih tinggi jika ia mengkonsumsi ari isi ulang yang tidak di masak terlebih dahulu.

"Air yang bagus dan baik dikonsumsi itu ya jernih, tidak berbau da tidak ada rasanya.Kalau rasa itu sudah berubah, maka patut dicurigai. karena kalau baktery dalm air tersebut banyak kadang tidakk cukup dengan dipanasi (dimasak)" ungkapnya.

Saat ini, Depot-depot air isi ulang semakin marak dan mudah dijumpai. Tapi, jika masyarakat mengkonsumsi dari depot, sebaiknya dimasak kembali, atau dilewatkan pada dispenser air panas untuk mengurangi kontaminasi baktery.

Demikian sekilas info tentang rahasia dibalik tissu galon, semoga dapat membantu.
Budayakanlah komentar dan jangan lupa votingnya.
terimakasih.

2 comments: