Friday, April 6, 2012

Minta Toilet Dapat US$10 Ribu

Dalam suasana hidup, pastinya ada saja hal yang terkadang aneh dan lucu, seperti kisah non fiksi ini, seorang ibu rumah tangga karena mengeluh, dan mengambil suatu keputusan, eh...pulang pulang dapat hadiah, gimana ceritanya ya? yuk kita baca sedikit...

Seorang baru menikah di India mendapat hadiah US$10.000 karena keberaniannya meninggalkan rumah untuk memaksa suaminya Shivram dua hari setelah pernikahan mereka mei lalu, karena rumahnya itu tidak memiliki toilet.


Ia kembali delapan hari kemudian setelah Shivram, seorang buruh harian, membuatkannya toilet dengan uang tabungan dan bantuan dari para tetangga di desa tempat mereka tinggal di Provinsi Madya Pradesh.

Atas keputusan beraninya itu, Narre di hadiahi US$10.000 atau kurang lebih Rp() juta oleh sebuah lembaga swadayamasyarakat yang peduli pada maalah sanitasi. Lebih dari 500 juta warga India masih mengalami kekurangan askes terhadap sanitasi dasar terutama daerah pedesaan India, dan perempuan paling pemberani itu.

"Tidak harus membuang air besar di luar rumah, karena setiap rumah harus memiliki toilet. Setiap rumah harus punya setidaknya satu toilet," kata Narre. Shivram tidak mampu membangun toilet di rumah karena kekurangan uang. ( Di kutip BBC)

Demikian sekilas cerita singkat, semoga ada hikmah di balik semua itu. Jangan lupa komentar.
Terimakasih.

No comments:

Post a Comment